468x60 Ads

This is an example of a HTML caption with a link.

Selasa, 30 Oktober 2012

Bandara Kulonprogo Akan Bernama Nyi Ageng Serang

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bandara Internasional Kulonprogo yang akan diberi nama Nyi Ageng Serang, diproyeksikan sebagai pengganti bandara Adisutjipto. Berlokasi sekitar 30 kilometer arah barat Kota Yogyakarta, bandara ini akan memiliki runaway sepanjang 3.600 meter. Artinya, sangat memadai untuk pesawat berukuran besar dan berataraf internasional.
Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menguraikan, pembangunan bandara Kulonprogo termasuk dalam program PPP Project Book Bappenas 2010-2014. Sangat terbuka peluang kepada investor swasta maupun asing yang berminat mengelola bandara di bawah UPT Dirjen Perhubungan Udara.
Pada landasan sisi timur-barat, ditambah dua perimeter masing-masing sejauh 900 meter. Sehingga total keseluruhan runway adalah 4.400 meter.
Pertama yang dikerjakan adalah landasan pacu, disusul perimeter dan menyusul lighting. Bandara akan dilengkapi tujuh taxiway dengan empat interconnect taxiway.
Sarana dan fasilitas yang ada nantinya antara lain apron, terminal building, commercial building, technical building, dukungan pengoperasioan penerbangan dengan Air Traffic Control (ATC), serta fasilitas parkir bagi pengunjung.
Proyek pembangunan bandara akan dimulai pada tahun 2014 dan direncakan mulai beroperasi pada 2016. Diperkiraan tahun pertama beroperasi jumlah penumpang akan mencapai 7-8 juta dan tenaga kerja yang terserap pada kisaran 28 ribu sampai 32 ribu orang.
Diprediksi jumlahnya akan terus mengalami kenaikan secara signifikan pada tahun 2020, menjadi 10,5 juta sampai 13 juta penumpang dengan tenaga kerja yang terserap 42 ribu sampai 52 ribu orang.
Sedangkan pada tahun 2025, perkiraan jumlah penumpang akan menembus angka 14,2 juta sampai 20 juta sekaligus menyerap tenaga kerja sebanyak 56,8 ribu sampai 80 ribu orang.
Dasar kelayakan wilayah pesisir Kulonprogo sebagai area pengembangan bandara adalah, tidak adanya bentang alam yang menjadi penghambat (obstacle). Sehingga ideal sesuai dengan persyaratan operasi dan keselamatan penerbangan.
Penggunaan lahan eksisting di kawasan pesisir Kulonprogo didominasi oleh lahan pertanian non irigasi teknis, hunian petani penggarap lahan dengan kerapatan jarang serta fasilitas penunjang pariwisata pantai. (*)

Penulis : Hendy Kurniawan
Editor : M Iwan Al Khasni SIP
Akses Tribunjogja.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunjogja.com




Bebas bayar counter check-in airasia dan tata cara web check in

Antrian panjang saat check-in memang menyebalkan. Apalagi jika calon penumpang tidak bisa tertib dan berjubel. Lebih menyedihkan lagi jika antrian penumpang individu digabung dengan penumpang group atau rombongan. Dan, Air Asia yang menganut makhzab low cost carrier dipastikan hanya menyediakan check-in counter sangat terbatas. Check-in counter yang terbatas mengakibatkan check-in counter belum bisa menerima proses check-in kendati Anda datang lebih awal, terutama pada bandara-bandara sibuk. Dengan alasan untuk menekan biaya operasional dan agar tetap dapat memberikan harga murah, Air Asia segera memberlakukan check-in fee sebedar Rp. 30.000 per penumpang jika check-in secara konvensional. Tapi Air Asia menyediakan self check-in melaui mobile check-in dan web check-in. Dan penumpang dapat menghindari biaya check-in dengan melakukan check-in melalui fasilitas self-check-in tersebut. Ada baiknya kita belajar untuk terbiasa dengan fasilitas check-in itu.
Mulai 22 Desember 2011, Air Asia membatalkan biaya check-in konvensional Rp. 30.000 untuk penerbangan internasional
Fasilitas self check-in dapat dilakukan 7 hari sebelum penerbangan dan batas akhirnya adalah 45 menit sebelum terbang untuk mobile check-in dan untuk web check-in 1 jam sebelum terbang (Air Asia) dan 4 jam sebelum terbang (Air Asia X). Penjelasan self check-in cukup jelas dimuat di airasia.com, dan berikut adalah ringkasannya.
Mobile Check-in. Hanya perlu 3 langkah untuk mobile check-in dari telepon genggam Anda.
  • Step-1. (a). Dari browser masuk ke airasia.com. (b). Klik ‘Mobile Check-In’. (c). Baca aturan apakah Anda termasuk penumpang yang diperbolehkan check-in melalui mobile ini. 4 kelompok penumpang yang tidak diperbolehkan adalah penumpang dengan bayi, penumpang dengan keterbatasan gerak, penumpang tujuan Australia yang harus dilakukan Pre-Immigration Clearance dan penumpang dimana lebih dari 9 orang dalam booking number yang sama.
  • Step-2. (a). Masukkan Booking Number. (b). Pilih nama penumpang, Continue. (c). Masukkan nomor HP dan email, Continue. (d). Selanjutnya Anda akan ditanya apakah membawa barang-barang berbahaya dalam tas kabin atau koper. Pilih Yes jika tidak ada barang berbahaya, Continue.. (e). Proses selesai. Anda tinggal mengunduh 2D Barcode dengan klik ‘View Barcode’. Gambar di samping adalah Check-in kiosk yang digunakan untul self check-in dan juga untuk memindai 2D barcode.
  • Step-3. Print 2D Barcode dengan memindai pada 2D Barcode di Check-in kiosk di bandara. Ambil borading pass Anda.
Web Check-in. Pada dasarnya proses web check-in hampir sama dengan mobile check-in. Pembedanya adalah pada proses cetak boarding pass dan fasilitas pembayaran bagasi dan pilih kursi jika dibutuhkan.
  • Step-1. Kunjungi web airasia lalu klik menu Web Check-in yang ada diatas.
  • Step-2. (a). Pilih bandara keberangkatan dan masukkan Booking Number. (b). Pilih nama dengan melakukan tick-mark di depan nama penumpang.
  • Step-3. Langkah ini digunakan jika Anda membeli fasilitas Supersize Baggage dan Pick A Seat. (a). Pilih Supersize Baggage, jika menginginkan. (b). Pilih kursi ‘Pick A Seat’, sekali lagi jika Anda ingin membelinya. Jika Anda tidak membeli kursi maka sistem akan menentukan secara random sejak di awal layar. (c). Lakukan pembayaran jika Anda membeli satu atau kedua fasilitas tersebut.
  • Step-4. (a). Pilih konfirmasi yang Anda inginkan dengan tick-mark di pilihan SMS atau email. (b). Baca ‘Term & Conditions’ dan tick-mark sesudahnya. Konfirmasi via SMS dan email diterima hanya beberapa detik setelah Anda klik Continue.
  • Step-5. Proses selesai, ambil boarding pass yang tercetak di printer Anda. Notifikasi via SMS sekaligus menampilkan link untuk menyimpan 2D Barcode, dan bisa dipindai di airport untuk mencetak borading pass. Ini alternatif jika Anda belum sempat mencetak borading pass. Saya mencoba web check-in dan hanya memerlukan waktu 50 detik tanpa membeli add-ons.
Prosesnya tidak rumit bukan? Dengan self check-in berarti Anda menghemat Rp. 30.000 per penumpang, lumayan untuk bayar pajak bandara.

Artikel diambil dari : http://totosp.wordpress.com



Sabtu, 27 Oktober 2012

10 Maskapai Terbaik di Dunia

Tempat duduk nyaman, pramugari ramah, in-flight entertainment yang ciamik dan makanan lezat, siapa yang tak mau naik pesawat seperti ini. Berikut ini adalah 10 maskapai terbaik di dunia. Apa saja?
Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London, melansir Skytrax World Airline Awards 2012. Ini adalah penghargaan bergengsi untuk maskapai penerbangan di seluruh dunia.
Dilansir Sydney Morning Herald, Jumat (13/7/2012), CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan banyak maskapai baru yang bisa menggeser maskapai-maskapai kelas dunia yang pernah meraih penghargaan serupa. The World Airline Awards ditentukan berdasarkan survei Skytrax terhadap 18 juta penumpang pesawat dari 200 maskapai di seluruh dunia dan diumumkan saat Farnborough Air Show di Inggris.
Hasilnya, Qatar Airways menjadi maskapai terbaik di dunia. Ini tahun kedua Qatar Airways meraih penghargaan yang sama. 6 Tahun lalu, Qatar bercokol di posisi 8.
“Penghargaan ini merefleksikan pendapat penumpang di seluruh dunia dan berdasarnya setiap macam penumpang di semua kabin, baik yang ada urusan bisnis atau liburan, baiknya sering atau pertama kali naik pesawat,” kata Plaisted dalam ucapan selamatnya untuk Qatar Airways.
Berikut 10 maskapai terbaik di dunia versi Skytrax:
1. Qatar Airways
2. Asiana Airlines
3. Singapore Airlines
4. Cathay Pacific Airways
5. ANA All Nippon Airways
6. Etihad Airways
7. Turkish Airlines
8. Emirates
9. Thai Airways International
10. Malaysia Airlines
Dimanakah posisi Garuda Indonesia? Garuda Indonesia ada di posisi 11. Namun Garuda layak diacungi jempol karena naik 8 peringkat dari ranking 19 di tahun 2011. Ini pun Garuda diadu dalam kelas campuran, padahal Garuda kelasnya adalah regional airlines, alias jalur penerbangan internasionalnya belum komplit ke seluruh benua.
Justru di dalam kelasnya, Garuda Indonesia diganjar sebagai World’s Best Regional Airline 2012 dan World Best Regional Airlines in Asia 2012. Selamat juga untuk Garuda!
Sumber: Detik.com



Rabu, 24 Oktober 2012

Garuda Resmi Satukan Airport Tax Dalam Tiket

Setelah sempat tertunda selama satu bulan, Angkasa Pura II  mulai menerapkan penggabungan passenger service charge (PSC) ke dalam harga tiket pesawat. Ini berlaku di seluruh bandara yang dikelola per hari ini, 1 Oktober 2012. Penggabungan tarif itu baru akan diterapkan maskapai Garuda Indonesia, sehingga penumpangnya tidak perlu lagi bayar airport tax di konter check-in.
Ide penggabungan PSC, atau yang lebih dikenal dengan Airport Tax, berasal dari Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Dahlan menilai, sistem penarikan airport tax di Indonesia masih menggunakan sistem primitif. Ia meminta Angkasa Pura II selaku pengelola bandara untuk segera mengakhiri sistem pungutan uang jasa layanan bandara per 1 September 2012.
Dahlan mengklaim, ide untuk penggabungan PSC dalam harga tiket pesawat akan menambah kenyamanan penumpang. Sebagai langkah awal, Garuda Indonesia sebagai maskapai milik negara akan mulai menerapkan penggabungan PSC dalam komponen harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik. Ini akan disusul oleh maskapai lainnya.
Direktur Utama Angkasa Pura II, Tri Sunoko memaparkan bahwa pihak Garuda akan membuka Escrow Account pada bank milik pemerintah sebagai jaminan hasil pungutan PJP2U/PSC dengan nominal sesuai yang telah disepakati. Besaran nominal tersebut akan ditinjau kembali apabila Garuda Indonesia melakukan penambahan rute atau meningkatkan kapasitas angkutan.
Untuk selanjutnya, penyetoran hasil pungutan PJP2U/PSC dalam tiket, dibayarkan kepada PT Angkasa Pura II. Sebagai kompensasi, PT Angkasa Pura II akan memberikan uang jasa pemungutan (collection fee) kepada Garuda Indonesia.
“Penerapan untuk rute penerbangan internasional maupun pada maskapai selain Garuda Indonesia akan dilakukan kemudian, menyusul kesiapan dari maskapai masing-masing,” jelasnya.
Sumber: Vivanews.com



Ketentuan dan Persyaratan Airlines

Bab I

  1. Untuk memasuki bandara dan untuk keperluan check-in, Anda harus menunjukkan Tiket Elektronik ini beserta dengan surat identifikasi yang dilampiri foto yang dikeluarkan oleh Pemerintah, seperti paspor, kartu identitas atau KTP Indonesia.
  2. Tiket Elektronik ini harus ditunjukkan beserta surat identifikasi yang dilampiri foto pada saat pengembalian uang tiket atau pertukaran tiket.
  3. Tarif berlaku dengan ketentuan dan kondisi tarif yang menyertainya.
  4. Apabila data yang ada dalam E-Ticket berbeda dengan data yang ada pada sistem reservasi kami, maka yang menjadi acuannya adalah data yang ada pada sistem reservasi. Pembatalan reservasi tiket dikenakan biaya pembatalan, jika ada.
  5. Pengangkut tidak bertanggung jawab terhadap ketidaksesuaian penerbangan lanjutan penumpang apabila menggunakan perusahaan penerbangan lain.
  6. Pengangkut berhak menolak penumpang untuk check-in dan membatalkan Pembukuannya apabila data yang diberikan tidak sesuai.
  7. Penumpang tertinggal pesawat karena tidak berada diruang tunggu, pengangkut tidak bertanggung jawab atas kelalaian tersebut dan tiket penumpang akan dikenakan biaya pembatalan sesuai peraturan yang ditetapkan pada pengangkut.
  8. Pengangkut tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan kontak/no Telpon/ hp penumpang yang mengakibatkan tidak sampainya informasi Apabila terjadi perubahan jadwal yang diberikan ke agent/ No.telpon/no.hp yang tertera saat reservasi.
  9. Apabila terdapat pembukuan FIT yang jumlahnya lebih dari 15 orang dan belum proses tiketing, pihak Batavia Airlines akan membatalkan pembukuan tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu Apabila pembukuan telah di proses tiketing, maka akan mengikuti prosedur Group ( Batavia Air)
  10. Barang-Barang Yang Tidak Boleh Dibawa: baterai kering, pisau, gunting, benda tajam, peralatan, senjata api, amunisi dan replika mainan dari benda-benda tersebut tidak boleh dibawa ke kabin penumpang.
  11. Benda-Benda Berharga: Uang, logam mulia, perhiasan, instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, dokumen identifikasi pribadi dan benda-benda berharga lainnya sebaiknya dibawa ke kabin oleh penumpang. Lion Air tidak bertanggung jawab atas hilangnya benda-benda yang dibawa oleh penumpang.
  12. Pengangkut tidak bertanggung jawab terhadap semua kehilangan barang berharga seperti uang, perhiasan, barang elektronik, obat-obatan, dokumen serta surat berharga atau sejenisnya jika dimasukkan kedalam bagasi tercatat, kecuali bisa dibuktikan adanya kesalahan penanganan oleh pengangkut.
  13. Pengangkut tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan barang-barang pecah belah/cepat busuk dan binatang hidup jika diangkut sebagai bagasi.
  14. Petugas check-in pengangkut berhak menolak bagasi tercatat jika dapat rusak karena pengepakan yang tidak semestinya serta bagasi yang tidak terkunci.
  15. Benda-Benda yang Boleh Dibawa dengan Syarat Tertentu: Obat-obatan dan perlengkapan kosmetik seperti hair spray, parfum dan obat yang mengandung alkohol boleh dibawa oleh penumpang selama perjalanan dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan jenis benda-benda ini boleh dibawa sebagai kargo asalkan dikemas sesuai dengan peraturan kargo. Benda-Benda Bawaan yang Berbahaya: Untuk alasan keselamatan, benda-benda berbahaya seperti yang disebutkan di bawah ini tidak boleh dibawa oleh penumpang.
    • Barang Bawaan (Tas, Koper dan bungkusan lainnya) yang dipasangi alarm.
    • Gas padat – (didinginkan, mudah terbakar, tidak mudah terbakar dan beracun) seperti butana, oksigen, nitrogen cair, tabung aqualung dan tabung gas padat.
    • Zat Korosif – seperti asam, alkali, merkuri dan sel baterai cair serta wadah yang mengandung merkuri.
    • Bahan peledak – amunisi, kembang api dan pistol api. Amunisi termasuk tempat amunisi yang kosong, pistol, kembang api dan bagian dari pistol.
    • Zat cair serta padat yang mudah terbakar seperti refill pemantik, bahan bakar pemantik, korek api, cat, thinner, pemantik api yang harus dibalik sebelum dinyatakan.
    • Zat radioaktif
    • Materi yang teroksidasi seperti bubuk pemutih dan peroksida
    • Zat beracun dan yang dapat menimbulkan infeksi seperti insektisida, pembunuh ilalang dan materi virus hidup.
    • Benda-benda berbahaya lainnya seperti materi yang dimagnetisasi, yang dapat melukai atau membuat iritasi.
    • Agen etiologis (bakteri, virus, dll.)
    • Zat-zat yang mengandung merkuri tidak boleh dibawa oleh penumpang.
Note: Aturan dan ketentuan dari airlines dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.



Sabtu, 13 Oktober 2012

Petani di Jember Diajak Menanam Gaharu


FOTO KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Pohon gaharu yang sudah mulai langka memiliki masa depan yang sangat menguntungkan, karena bernilai ekonomi sangat tinggi dibanding tanaman pohon jabon, sengon, dan mahoni. Pohon gaharu tidak hanya diambil kayunya sebagai bahan olahan atau furnitur, tetapi juga bisa dimanfaatkan daunnya sebagai bahan untuk minuman.
Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Jember Totok Haryanto mengatakan, daun gaharu menurut hasil penelitian mengandung kalsium dan vitamin P (bio flafonim). "Ini sangat bermanfaat untuk obat herbal bagi penyakit kanker dan banyak digunakan di Taiwan dan China," kata Totok, Selasa (1/5/2012) di Jember, Jawa Timur.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Jember telah menjalin kerja sama dngan perusahaan swasta yang bergerak di bidang usaha pengadaan kayu bersedia membeli hasil tanaman pohon dari petani. Tanaman pohon gaharu bisa ditebang setelah mencapai usia tanaman 5 tahun hingga 7 tahun dan sudah berdiameter 12 cm.
Teguh Narsono dari PT Gemilang Gaharu Indonesia (GGI) menjelaskan, pohon gaharu memiliki nilai ekonomi sangat tinggi dan kini mulai langka. Gaharu telah mengalami masa krisis di Kalimantan dan Papua, karena banyak terjadi perambahan hutan. Untuk itu, perlu ada pengembangan areal tanaman ini di Jawa, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.
PT GGI bermitra dengan petani untuk melakukan penanaman sambil memberi pengetahuan mengenai cara menanam dan merawat tanaman tersebut sampai panen. Sejak awal tanam, pohon gaharu membutuhkan perawatan secara khusus hingga umur satu tahun.
Pada usia satu tahun itu, daun pohon gaharu bisa dipakai untuk bahan minuman dan banyak diminati perusahaan, termasuk PT GGI yang bersedia membeli. Setelah mencapai umur 2 tahun hingga 5 tahun, kayu pohon ini dipakai untuk bahan wewangian dan diekspor ke Timur Tengah. 
(sumber kompas.com -1 mei 2012)



Minggu, 07 Oktober 2012

Prospek Bisnis Gaharu


Sebanyak 2000 ton/tahun gaharu memenuhi pusat perdagangan gaharu di Singapura. Gaharu tersebut 70% berasal dari Indonesia dan 30% dari negara-negara Asia Tenggara lainnya. Hutan alam sudah tidak mampu lagi menyediakan gaharu. Gaharu hasil budidaya merupakan alternatif pilihan untuk mendukung kebutuhan masyarakat dunia secara berkelanjutan.
Jika satu pohon gaharu hasil budidaya menghasilkan 10 kg gaharu (semua kelas), maka diperlukan pemanenan 200.000 pohon setiap tahun.

Dengan harga mulai dari 500.000 – 30 juta/kg tergantung asal species pohon dan kualitas gaharu dan minyak gaharu yang disuling dari gaharu kelas rendah (kemedangan) memiliki harga mulai dari 50.000-100.000/ml maka keuntungan dari budidaya gaharu dapat mengubah tingkat kesejahteraan masyarakat.
Berinvestasi di Pohon Gaharu sangatlah menggiurkan, Karna dalam 5-8tahun anda dapat menghasilkan sedikitnya 10jt Per-Pohon. Dengan Sistem Inokulasi Anda dapat Panen lebih Awal.
1. Kenapa menanam Pohon Gaharu
Pohon Gaharu (Aquilaria spp.) adalah Pohon Termahal didunia (2010).
Dengan Nilai Jual :


    Minyak / Ekstrack    
    ± Rp 300Jt /Liter

   Kayu / Kemendangan
   ± Rp 100rb – Rp 700rb / Kg

   Karas / Galih
   ± Rp 30jt/Kg

Harga Pasaran Gaharu (Minimal)
Grade
Nominal Harga (Rp)/Kg
Grade A Super King
Rp 30.000.000,-
Grade A
Rp 25.000.000,-
Grade AB
Rp 21.000.000,-
Grade C
Rp 6.000.000,-
Grade D
Rp 4.000.000,-
Grade D
Rp 900.000,-
Low Grade
Rp 500.000,- - Rp 700.000,-
Gaharu For Oil
Rp 50.000,- - Rp 100.000,-
2. Dimana Pasar Pohon Gaharu?
Selain permintaan dalam Negeri Pohon Gaharu juga diperlukan di Negara :
1. Timor Tengah
 2. Thailand
3. India
4. China / Jepang
5. Eropa dan amerika
6. Asia



Sabtu, 06 Oktober 2012

Pulau Simping Terkecil

Pulau Simping, Pulau Terkecil di Dunia yang Ada di Indonesia


Soal pariwisata, Indonesia menjadi salah satu negeri terkuat di Asia. Bukan hanya Bali, banyak pulau dan pantai yang amat menarik minat wisatawan.
Jika memiliki pulau yang paling banyak dikunjungi, Bali, maka Indonesia juga memiliki pulau yang diklaim sebagai pulau terkecil di dunia. Namanya Pulau Simping. Di antara 17.508 pulau di Indonesia, Simping memang paling berukuran mini. Terletak di perairan Tekuk Mak Jantu, Singkawang Selatan, Kalimantan Barat, pulau ini termasuk dalam kawasan wisata pantai Sinka Park Island.
Pulau Simping merupakan daratan yang tediri dari pasir dan bebatuan yang ditumbuhi beberapa pohon di atasnya, serta terdapat mata air tawar.  Di sana juga terdapat semacam klenteng kecil, tempat warga Tionghoa setempat bersembahyang. Di pulau mungil ini juga tersedia keindahan pemandangan pantai, laut, dan perbukitan yang mengelilinginya. Maka tak heran. Walaupun sangat kecil Simping tak pernah sepi pengunjung.

Nah saingan pulau ini adalah Bishop Rock di Inggris. kalau yang satu ini sudah diakui dan masuk di Guiness Book of Record. Pulau ini ada di perbatasan antara inggris dan atlantik. di pulau ini hanya cukup untuk satu bangunan, yaitu mercusuar setinggi 45 meter.


Jadi menurut anda: >>>>>>>>>>>>> layak gak dikatakan pulau terkecil di dunia


Kawasan ini juga termasuk dalam area konservasi dan hutan yang dilindungi. Dan PBB pun sudah mengakui bahwa Simping merupakan pulau terkecil di dunia dan klaim ini semakin membuatnya ramai dikunjungi wisatawan.
Untuk menjangkaunya tidaklah sulit, hanya 20 menit dari kota Singkawang menuju Pantai Teluk Mak Jantu. Jika dari arah Pontianak membutuhkan waktu sekitar 3 Jam perjalanan menuju ke arah Kota Singkawang.
Sempatkan diri Anda untuk dapat membuktikan kebenaran dari artikel yang saya tulis, datanglah bersama keluarga anda untuk berlibur ke pulau terkecil di dunia, tidak perlu jauh-jauh ke luar negri, wista nusantara lebih alami.


 




Pengertian Gaharu

Bibit Pohon Gaharu

Gaharu merupakan substansi aromatic berupa gumpalan yang terdapat diantara sel-sel kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, serta memiliki kandungan kadar damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu yang tumbuh secara alami dan telah mati, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi baik secara alami atau buatan pada pohon tersebut, dan pada umumnya terjadi pada pohon Aguilaria sp. (Nama daerah : Karas, Alim, Garu dan lain-lain).
Pohon Penghasil Gaharu
Pohon Penghasil Gaharu (Aquilaria spp.) adalah species asli Indonesia. Beberapa species gaharu komersial yang sudah mulai dibudidayakan adalah: Aquilaria. malaccensis, A. microcarpa, A. beccariana, A. hirta, A. filaria, dan Gyrinops verstegii. serta A. crassna asal Camboja.

Kegunaan dan Manfaat Gaharu
Gaharu mengandung essens yang disebut sebagai minyak essens (essential oil) yang dapat dibuat dengan eksraksi atau penyulingan dari gubal gaharu. Essens gaharu ini digunakan sebagai bahan pengikat (fixative) dari berbagai jenis parfum, kosmetika dan obat-obatan herbal. Selain itu, serbuk atau abu dari gaharu digunakan sebagai bahan pembuatan dupa/hio dan bubuk aroma therapy.

Daun pohon gaharu bisa dibuat menjadi teh daun pohon gaharu yang membantu kebugaran tubuh. Senyawa aktif agarospirol yang terkandung dalam daun pohon gaharu dapat menekan sistem syaraf pusat sehingga menimbulkan efek menenangkan, teh gaharu juga ampuh sebagai obat anti mabuk.
Ampas dari sulingan minyak dari marga Aquilaria di Jepang dimanfaatkan sebagai kamfer anti ngengat dan juga mengharumkan seluruh isi lemari. Oleh masyarakat tradisional Indonesia, gaharu digunakan sebagai obat nyamuk, kulit atau kayu gaharu dibakar sampai berasap. Aroma harum tersebutlah yang tidak disukai nyamuk (sumber: majalah Trubus)

Gaharu merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat di negara-negara Timur Tengah yang digunakan sebagai dupa untuk ritual keagamaan. Masyarakat di Asia Timur juga menggunakannya sebagai hio. Minyak gaharu merupakan bahan baku yang sangat mahal dan terkenal untuk industri kosmetika seperti parfum, sabun, lotions, pembersih muka serta obat-obatan seperti obat hepatitis, liver, antialergi, obat batuk, penenang sakit perut, rhematik, malaria, asma, TBC, kanker, tonikum, dan aroma terapi.




Rabu, 03 Oktober 2012

Taman Nasional Ujung Kulon


Badak Bercula Dua
Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang berada di Kabupaten Pandeglang, Banten ini merupakan tempat wisata alam yang kaya dengan aneka ragam ekosistem, flora dan fauna. Ada berbagai ragam tumbuhan dan satwa yang hidup di tempat ini, salah satunya yang kita kenal yaitu Badak Jawa.
Taman seluas 122.956 hektar ini merupakan habitat asli Badak Jawa. Badak Jawa yang menghuni taman nasional ini jumlahnya hanya ada sekitar 50-60 ekor karena hewan ini merupakan hewan langka yang ada di dunia. Hal itu menjadikan taman nasional ini sebagai cagar alam dan salah satu situs warisan alam dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Selain Badak Jawa, di Taman Nasional Ujung Kulon ini mempunyai 3 ekosistem : laut, rawa dan daratan yang dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan. Diantara hewan dan tumbuhan yang hidup di taman ini beberapa diantaranya merupakan jenis hewan dan tumbuhan langka.

Ada beberapa obyek wisata lainnya yang masih berada di kawasan ini diantaranya : Pulau Peucang, Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, Gunung Honje dan Semenanjung ujung Kulon. Di tempat-tempat tersebut kamu bisa menikmati wisata alam seperti trekking, berkemah,wildlife viewing,menyelam,snorkeling, berenang, bersampan, berselancar, wisata budaya di desa nelayan, dan menikmati sumber air panas. Untuk berwisata alam kamu dikenakan tarif antara Rp. 10rb-50rb/orang untuk warga negara Indonesia, Rp. 30rb-75rb/orang untuk warga negara asing tergantung dari jenis wisata alamnya.

Sedangkan untuk tiket masuk ke TNUK ini seharga Rp. 2.500,-/orang untuk warga negara Indonesia, Rp. 20.000,-/orang untuk warga negara asing ditambah biaya asuransi sebesar Rp. 3.000,-. Saat berkunjung ke TNUK kamu dilarang untuk berburu, menangkap, menebang, menyalakan api dan hal-hal yang mengganggu kehidupan flora dan fauna di TNUK ini serta segala hal yang menyebabkan pencemaran lingkungan.




Recent Post

Info Hotel

Mengenai Kami

Foto saya
Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia
Visi Menjadi agen biro jasa yang terbaik dan menjadi mitra yang utama bagi pihak manapun. Misi Usaha Meningkatkan taraf hidup keluarga miskin dalam bentuk kemitraan Mewujudkan keinginan dan impian para umat muslim khususnya untuk menunaikan ibadah umrah dan haji Mengembangkan usaha pariwisata di Indonesia, khususnya Jawa Tengah dan sekitarnya. Memberikan solusi untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan konsep mitra usaha. Memberikan pelayanan yang terbaik, terpercaya, jujur, adil, ramah dan bertanggung jawab. Membuka peluang kemitran dengan anda yang ingin menjadi entrepreneur muda