TIPS MENGATASI BARANG YANG TERTINGGAL DI PESAWAT
Barang yang tertinggal dalam penerbangan, menjadi masalah umum bagi tiap traveler yang melakukan perjalanan dengan pesawat. Jangan kuatir, 4 tips berikut adalah jurus ampuh untuk menyikapinya.
Berpergian dengan pesawat memang menyenangkan. Anda dapat menghemat waktu dan mendapat fasilitas yang nyaman selama perjalanan. Akan tetapi, jika barang Anda tertinggal, atau malah pesawat tidak mengangkut koper milik Anda, itu adalah bencana. Hal ini dapat menghambat perjalanan Anda menuju destinasi berikutnya, atau menunda waktu Anda untuk beristirahat di rumah.
Disusun detikTravel, Jumat (1/6/2012), berikut 5 tips menyikapi barang yang tertinggal di pesawat:
1. Jangan panik
Jangan panik merupakan hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan. Jangan berlarian tidak karuan atau menangis di dalam bandara. Perhatikan kembali dan cek apa saja barang Anda yang tertinggal. Sebaiknya, Anda langsung menemui petugas bandara setempat atau petugas maskapai penerbangan yang Anda tumpangi untuk melaporkan barang Anda yang tertinggal.
2. Jangan marah-marah
Mungkin, yang akan dilakukan Anda setelah mengetahui bagasi Anda tertinggal adalah marah-marah kepada petugas maskapai setempat. Meskipun barang-barang di bagasi Anda merupakan barang-barang berharga seperti laptop atau kamera, tapi tetaplah tenang dan kontrol emosi Anda. Ingat, marah-marah tidak akan menyelesaikan masalah.
3. Minta informasi yang jelas dari pihak maskapai
Setelah menghubungi dan bertemu dengan pihak maskapai, mintalah informasi sejelas-jelasnya. Jika Anda yang ceroboh meninggalkan barang, berikan informasi terakhir soal posisi barang Anda di pesawat, kepada pihak maskapai. Jika maskapai yang ceroboh tidak membawa koper Anda dari bandara asal, tanyalah bagaimana mereka akan mengantar koper Anda.
Informasi tersebut mengenai tentang kapan barang Anda akan kembali diantar. Tanyalah tentang detail kapan barang Anda dikembalikan.
Jangan lupa memberikan informasi mengenai Anda. Informasi tersebut mengenai tentang nomor penerbangan, jadwal penerbangan Anda, nomor kontak, dan perihal barang Anda yang tertinggal, agar memudahkan pihak maskapai dalam mengembalikan barang Anda yang tertinggal.
4. Update terus perkembangan dari pihak maskapai
Meski sudah mendapat informasi, jangan lupa untuk mendapat perkembangan terbaru mengenai bagasi Anda. Tidak ada salahnya Anda menelpon tiap waktu dan terus bertanya. Hal ini juga akan mengingatkan terus pihak maskapai.
Tips di atas merupakan jurus ampuh untuk mengatasi barang Anda yang tertinggal. Ingat, tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang sepanjang perjalanan.
Barang yang tertinggal dalam penerbangan, menjadi masalah umum bagi tiap traveler yang melakukan perjalanan dengan pesawat. Jangan kuatir, 4 tips berikut adalah jurus ampuh untuk menyikapinya.
Berpergian dengan pesawat memang menyenangkan. Anda dapat menghemat waktu dan mendapat fasilitas yang nyaman selama perjalanan. Akan tetapi, jika barang Anda tertinggal, atau malah pesawat tidak mengangkut koper milik Anda, itu adalah bencana. Hal ini dapat menghambat perjalanan Anda menuju destinasi berikutnya, atau menunda waktu Anda untuk beristirahat di rumah.
Disusun detikTravel, Jumat (1/6/2012), berikut 5 tips menyikapi barang yang tertinggal di pesawat:
1. Jangan panik
Jangan panik merupakan hal utama dan pertama yang harus Anda lakukan. Jangan berlarian tidak karuan atau menangis di dalam bandara. Perhatikan kembali dan cek apa saja barang Anda yang tertinggal. Sebaiknya, Anda langsung menemui petugas bandara setempat atau petugas maskapai penerbangan yang Anda tumpangi untuk melaporkan barang Anda yang tertinggal.
2. Jangan marah-marah
Mungkin, yang akan dilakukan Anda setelah mengetahui bagasi Anda tertinggal adalah marah-marah kepada petugas maskapai setempat. Meskipun barang-barang di bagasi Anda merupakan barang-barang berharga seperti laptop atau kamera, tapi tetaplah tenang dan kontrol emosi Anda. Ingat, marah-marah tidak akan menyelesaikan masalah.
3. Minta informasi yang jelas dari pihak maskapai
Setelah menghubungi dan bertemu dengan pihak maskapai, mintalah informasi sejelas-jelasnya. Jika Anda yang ceroboh meninggalkan barang, berikan informasi terakhir soal posisi barang Anda di pesawat, kepada pihak maskapai. Jika maskapai yang ceroboh tidak membawa koper Anda dari bandara asal, tanyalah bagaimana mereka akan mengantar koper Anda.
Informasi tersebut mengenai tentang kapan barang Anda akan kembali diantar. Tanyalah tentang detail kapan barang Anda dikembalikan.
Jangan lupa memberikan informasi mengenai Anda. Informasi tersebut mengenai tentang nomor penerbangan, jadwal penerbangan Anda, nomor kontak, dan perihal barang Anda yang tertinggal, agar memudahkan pihak maskapai dalam mengembalikan barang Anda yang tertinggal.
4. Update terus perkembangan dari pihak maskapai
Meski sudah mendapat informasi, jangan lupa untuk mendapat perkembangan terbaru mengenai bagasi Anda. Tidak ada salahnya Anda menelpon tiap waktu dan terus bertanya. Hal ini juga akan mengingatkan terus pihak maskapai.
Tips di atas merupakan jurus ampuh untuk mengatasi barang Anda yang tertinggal. Ingat, tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga barang sepanjang perjalanan.
1 Responses So Far:
bagaimana
Posting Komentar